Manfaat Kopi Untuk Luka

By | March 1, 2017

Selamat berkunjung di www.jellygamatgoldgplus.com, situs penyedia informasi mengenai kesehatan dan pengobatan alami. Pada halaman ini kami akan mengulas mengenai Manfaat Kopi Untuk Luka.

Siapa yang tak kenal kopi? Serbuk hitam yang digemari di Indonesia ini merupakan salah satu minuman seduh yang begitu nikmat saat diseruput selagi hangat,selain manfaatnya sebagai pengusir kantuk yang membuat tubuh kembali terasa segar, taukah anda? ternyata bubuk kopi mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa kopi dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan bahkan berguna untuk mengobati dan mengeringkan luka. Anda tertarik dengan informasi ini? Simak khasiat bubuk kopi berikut ini.

Manfaat Kopi Untuk Luka

Manfaat Kopi Untuk Luka RobekBerdasarkan sifat kejadiannya, luka dibagi emnjadi dua jenis, yaitu luka disengaja dan luka tidak disengaja.  Luka disengaja misalnya luka terkena radiasi atau bedah sedangkan luka tidak disengaja misalnya luka terkena trauma. Luka yang tidak disengaja dibagi menjadi luka tertutup,jika tidak terjadi robekan dan luka terbuka,jika terjadi robekan dan kelihatan.  Luka terbuka seperti luka abrasi (luka akibat gesekan), luka puncture (luka akibat tusukan) dan lukahautration (luka akibat alat-alat yang digunakan dalam perawatan luka).  Berdasarkan penyebabnya, luka dibagi menjadi dua, yaitu luka mekanik dan luka nonmekanik.

Luka dibutuhkan ketekunan dalam merawatnya agar tidak terjadi peradangan, dan untuk terhindar dari kuman dan debu harus ditutup. Namun bila ditutup menggunakan kain kasa akan menimbulkan peradangan dan bila tidak ditutup akan terkena debu dan kuman. Dan langkah yang ditempuh mau tak mau harus menunggu luka menjadi kering agar aktivitas anda berjalan seperti biasanya. Nah… untuk mempercepat luka agar cepat kering dapat memanfaatkan bubuk kopi sebagai obatnya.

Baca Juga :

Dr Hendro Sudjono Yuwono MD PhD. sudah membuktikan khasiat kopi tersebut. Ahli bedah pembuluh darah dari RS Hasan Sadikin, Bandung ini sudah berkutat melakukan serangkaian penelitian terhadap kopi sejak awal tahun 2004.

Hasilnya? Kopi ternyata sangat efektif dan aman untuk mengatasi berbagai jenis luka! Dari luka besut lantaran terjatuh, luka tergores benda tajam, luka bakar, sampai luka “koreng” yang sudah terinfeksi.

Dalam penelitiannya, Hendro menemukan zat antibakteri dalam serbuk kopi yang tergolong sangat kuat. Meski belum diketahui secara pasti jenis kandungannya, namun zat ini terbukti sangat efektif membasmi kuman Methicillin Resistant Starhylococcus Aureus (MRSA) yang sering dijumpai pada luka bernanah.

 Cara Pemakaian

  • Bersihkan luka menggunakan air hangat secara perlahan setelah itu keringkan menggunakan kain kassa khusus.
  • Setelah Luka dikeringkan taburkan secara merata di atas luka. Cukup tipis saja, tidak perlu terlalu tebal.
  • Frekuensi bisa 3x sehari; pagi, siang, dan sore.
  • Setelah ditaburi kopi, luka harus tetap kering dan sama sekali tak boleh terkena air. Bila terkena air, luka jadi basah terus-menerus sehingga pengobatan tak berjalan efektif. Jika ingin mandi atau melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan air, tutuplah luka dengan rapat.

Perhatian !

Satu hal terpenting untuk diperhatikan, apakah anda atau anak anda alergi terhadap kopi atau tidak. Alergi terhadap kopi bisa dilihat dari munculnya warna kemerahan atau gatal-gatal di sekitar area luka. Bila demikian, hentikan pemakaian karena sangat mungkin luka justru akan semakin meluas dan dalam lantaran anak pasti tidak tahan untuk tidak menggaruknya. Tapi kalau anak pernah minum kopi dan tidak ada efek samping yang muncul, seperti mual, pusing atau gatal-gatal, bisa dikatakan dia tidak alergi kopi.

Itulah Manfaat Kopi Untuk Luka yang bisa kami informasikan kepada anda. Semoga apa yang kami tulis menjadi referensi dan menambah pengetahuan seputar kesehatan. Semoga bermanfaat 🙂

Artikel Terkait :

Simpan

Simpan

Be Sociable, Share!