Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya

Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya

Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya-, Masalah tulang keropos di indonesia telah mencapai tingkat yang perlu diwaspadai. Berdasarkan data Puslitbang Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia, penderita tulang keropos yang terdapat di indonesia telah mencapai 19,7% dan berada di urutan 19,75 dan berada di posisi keenam terbesar setlah cina. Tulang keropos biasa dialami seseorang saat usia manula. Tulang yang lemah akibat tulang keropos bisa mengakibatkan patah tulang dan menyebabkan konsekuensi lainnya.

Penyebab Tulang Keropos Dan PencegahannyaPenyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya

Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya-, Banyak masyarakat lebih memahami penyebab dari keroposnya tulang akibat dari kurangnya mengkonsumsi susu, meskipun tepat namun tak selamanya alasan kurangnya mengkonsumsi susu menjadi penyebab utamanya melainkan ada penyakit lain yang bisa menyebabkan tulang keropos ini seperti berikut Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya ini :

  • Mengonsumsi Kortikosteroid

Kebiasaan mengonsumsi obat kortikosteroid untuk mengobati penyakit autoimun dalam waktu panjang bisa mengganggu kadar hormon dengan cara menghilangkan vitamin D, kalsium, dan nutrisi lain dari tulang. Faktanya, orang yang memiliki penyakit autoimun seperti penyakit Crohn, lupus, atau rheumatoid arthritis mengalami osteoporosis pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata orang.

Peringatan ini sangat penting bagi wanita kerena kemungkinan mereka lebih berisiko terkena penyakit autoimun lebih dini, apalagi kadar estrogen yang normal diperlukan untuk menjaga tulang sehat.

Pastikan Anda mengonsumsi kortikosteroid dalam pengawasan dokter karena bisa berpengaruh pada kepadatan tulang.

  • Haid Tidak Teratur

Rendahnya tingkat estrogen biasanya bertanggung jawab pada siklus haid yang tidak teratur ataupun berhenti (menopause). Sayangnya, estrogen yang rendah berakibat langsung terhadap kehilangan tulang, sehingga wanita yang haidnya tidak teratur kemungkinan juga mengalami kehilangan tulang.

Segera konsultasikan kepada dokter bila periode Anda tidak teratur dan Anda tidak kurus. Anda mungkin memiliki kondisi hormon yang berhubungan seperti penyakit ovarium polikistik (PCOS), yang mudah diobati. #Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya

  • Kebiasaan Merokok Dan Mengonsumsi Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain itu kebiasaan, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan pun pasti akan semakinmenghancurkan tubuh pasalnya selai hati, otak dan jantun yang dapat di sakiti oleh alkohol ini tulang pun bisa kena efeknya jika seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Alkohol bisa melemahkan tulang karena melarutkan magnesium, kalsium, dan mineral lain dari tulang. Makin banyak mengonsumsi alkohol maka risiko osteoporosis akan makin meningkat. Wanita lebih berisiko kehilangan tulang daripada pria, karena secara umum, wanita lebih rentan terhadap efek alkohol.

Baca Juga : Pengobatan Flu Tulang Pada Orang Dewasa

                     Obat Pengapuran Tulang Pinggang

Cara Mencegah Dan Mengatasainya

Tulang keropos adalah proses alami dan tidak dapat dihentikan sepenuhnya. Daya tahan tubuh terhadap osteoporosis tidak hanya tergantung pada ketebalan tulang anda sejak awal kehidupan, tetapi juga pada kesehatan anda, diet dan aktifitas fisik dikemudian hari. Perempuan muda khususnya perlu menyadari resiko osteoporosis diusia dewasa. Berikut ini adalah 5 tips sehat cara mencegah penyakit tulang keropos yang dapat kita lakukan melalui cara-cara sederhana. Sebelum terlanjur mengalami penyakit tulang keropos, ada baiknya kita mengikuti langkah-langkah berikut ini guna mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

  1. Konsumsi makan-makanan bergizi yang mencakup jumlah yang cukup kalsium dan vitamin D. Kalsium dapat kita peroleh dari susu rendah lemak, keju, susu kedelai, brokoli, dan sayuran hijau. Selain itu, anda juga bisa mengkonsultasikannya kepada dokter jika anda membutuhkan suplemen kalsium tambahan. Sedangkan vitamin D berfungsi untuk membatu proses penyerapan kalsium.
  2. Olahraga secara teratur. Untuk memelihara kekuatan tulang dan menghindari dari resiko tulang keropos, lakukanlah olahraga sekitar setengan jam (30 menit) pera harinya, lima atau sampai enam kali dalam seminggu. Tidak perlu melakukan kegiatan olahraga yang berat, kita hanya cukup memulainya dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti jalan kaki, aerobik, bersepeda dan berenang.
  3. Kurangilah konsumsi garam. Mengapa mengkonsumsi garam perlu dibatasi dan hanya sesuai porsi yang sibutuhkan oleh tubuh? Hal ini karena mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan pengeluaran kalsium melalui keringat dan urine.
  4. Batasi konsumsi kafein. Bagi anda yang gemar meminum minuman yang mengandung kafein (termasuk kopi), jika anda tidak mau memiliki tulang yang keropos, hentikanlah kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman atau bahan lain yang mengandung kafein, karena telah diketahui bahwa kafein adalah salah satu senyawa kimia yang ikut berperan sebagai penyebab tulang keropos, terutama bagi wanita yang memasuki masa menopause.
  5. Berhenti merokok. Merokok dapat menghambat pemulihan tulang yang keropos atau patah dan menghambat pertumbuhan tulang. Selain dapat mengurangi kepadatan tulang, merokok juga dapat merugikan kesehatan, salah satunya adalah penyebab menopuse dini dan penyakit paru-paru.

Cara Mengatasinya

Cara mengobatinya anda bisa mencoba sehat dengan alami yang kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan mengkonsumsi teripang yang kini telah diolah menjadi ekstrak teripang yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi  Obat Tulang Keropos Herbal Jelly Gamat Gold G.

Post By : Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya

Be Sociable, Share!

SEO Powered By SEOPressor